Hadits No.
1138
|
||
Dari
al-Miswar Ibnu Makhramah bahwa Subai’ah al-Aslamiyyah Radliyallaahu ‘anhu
melahirkan anak setelah kematian suaminya beberapa malam. Lalu ia menemui
Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam meminta izin untuk menikah. Beliau
mengizinkannya, kemudian ia nikah. Riwayat Bukhari dan asalnya dalam shahih
Bukhari-Muslim. Dalam suatu lafadz: Dia melahirkan setelah empat puluh malam
sejak kematian suaminya. Dalam suatu lafadz riwayat Muslim bahwa Zuhry
berkata: Aku berpendapat tidak apa-apa seorang laki-laki menikahinya meskipun
darah nifasnya masih keluar, hanya saja suaminya tidak boleh menyentuhnya
sebelum ia suci.
|
َعَنْ
اَلْمِسْوَرِ بْنِ مَخْرَمَةَ رضي الله عنه ( أَنَّ سُبَيْعَةَ الْأَسْلَمِيَّةَ
-رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا- نُفِسَتْ بَعْدَ وَفَاةِ زَوْجِهَا بِلَيَالٍ,
فَجَاءَتْ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم فَاسْتَأْذَنَتْهُ أَنْ تَنْكِحَ,
فَأَذِنَ لَهَا, فَنَكَحَتْ ) رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ وَأَصْلُهُ
فِي اَلصَّحِيحَيْنِ وَفِي لَفْظٍ: ( أَنَّهَا وَضَعَتْ بَعْدَ وَفَاةِ
زَوْجِهَا بِأَرْبَعِينَ لَيْلَةً وَفِي لَفْظٍ لِمُسْلِمٍ, قَالَ
اَلزُّهْرِيُّ: ( وَلَا أَرَى بَأْسًا أَنْ تَزَوَّجَ وَهِيَ فِي دَمِهَا,
غَيْرَ أَنَّهُ لَا يَقْرَبُهَا زَوْجُهَا حتَّى تَطْهُرَ
|
|
Hadits No.
1139
|
||
‘Aisyah
Radliyallaahu ‘anhu berkata: Barirah diperintahkan untuk menghitung masa
iddah tiga kali haid. Riwayat Ibnu Majah dan para perawinya dapat dipercaya,
namun hadits tersebut ma’lul.
|
َوَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( أُمِرَتْ بَرِيرَةُ أَنْ
تَعْتَدَّ بِثَلَاثِ حِيَضٍ. رَوَاهُ اِبْنُ مَاجَهْ, وَرُوَاتُهُ ثِقَاتٌ,
لَكِنَّهُ مَعْلُولٌ
|
|
Hadits No.
1140
|
||
Dari
Sya’by dari Fathimah Ibnu Qais Radliyallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu
‘alaihi wa Sallam bersabda -tentang perempuan yang ditalak tiga-: “Dia tidak
mendapat hak tempat tinggal dan nafkah.” Riwayat Muslim.
|
َوَعَنْ
اَلشَّعْبِيِّ, عَنْ فَاطِمَةَ بِنْتِ قَيْسٍ, ( عَنِ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه
وسلم -فِي اَلْمُطَلَّقَةِ ثَلَاثًا-: لَيْسَ لَهَا سُكْنَى وَلَا نَفَقَةٌ
) رَوَاهُ مُسْلِمٌ ِ
|
|
Hadits No.
1141
|
||
Dari Ummu
Athiyyah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam
bersabda: “Janganlah seorang perempuan berkabung atas kematian lebih dari
tiga hari, kecuali atas kematian suaminya ia boleh berkabung empat bulan
sepuluh hari, ia tidak boleh berpakaian warna-wanri kecuali kain ‘ashob,
tidak boleh mencelak matanya, tidak menggunakan wangi-wangian, kecuali jika
telah suci, dia boleh menggunakan sedikit sund dan adhfar (dua macam
wewangian yang biasa digunakan perempuan untuk membersihkan bekas haidnya).”
Muttafaq Alaihi dan lafadhnya menurut Muslim. Menurut riwayat Abu Dawud dan
Nasa’i ada tambahan: “Tidak boleh menggunakan pacar.” Menurut riwayat Nasa’i:
“Dan tidak menyisir.”
|
وَعَنْ
أُمِّ عَطِيَّةَ; أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( لَا
تَحِدَّ اِمْرَأَةٌ عَلَى مَيِّتٍ فَوْقَ ثَلَاثٍ إِلَّا عَلَى زَوْجٍ
أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ وَعَشْرًا, وَلَا تَلْبَسْ ثَوْبًا مَصْبُوغًا, إِلَّا
ثَوْبَ عَصْبٍ, وَلَا تَكْتَحِلْ, وَلَا تَمَسَّ طِيبًا, إِلَّا إِذَا طَهُرَتْ
نُبْذَةً مِنْ قُسْطٍ أَوْ أَظْفَارٍ. ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ, وَهَذَا
لَفْظُ مُسْلِمٍ وَلِأَبِي دَاوُدَ, وَالنَّسَائِيِّ مِنْ اَلزِّيَادَةِ:
( وَلَا تَخْتَضِبْ ) وَلِلنَّسَائِيِّ: وَلَا تَمْتَشِطْ
|
|
Hadits No.
1142
|
||
Ummu
Salamah Radliyallaahu ‘anhu berkata: Aku menggunakan jadam di mataku setelah
kematian Abu Salamah. Lalu Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam
bersabda: “(Jadam) itu mempercantik wajah, maka janganlah memakainya kecuali
pada malam hari dan hapuslah pada siang hari, jangan menyisir dengan minyak
atau dengan pacar rambut, karena yang demikian itu termasuk celupan
(semiran). Aku bertanya: Dengan apa aku menyisir?. Beliau bersabda: “Dengan
bidara.” Riwayat Abu Dawud dan Nasa’i. Sanadnya hasan.
|
وَعَنْ
أُمِّ سَلَمَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( جَعَلْتُ عَلَى عَيْنِي
صَبْرًا, بَعْدَ أَنْ تُوُفِّيَ أَبُو سَلَمَةَ, فَقَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى
الله عليه وسلم إِنَّهُ يَشِبُ اَلْوَجْهَ, فَلَا تَجْعَلِيهِ إِلَّا
بِاللَّيْلِ, وَانْزِعِيهِ بِالنَّهَارِ, وَلَا تَمْتَشِطِي بِالطِّيبِ, وَلَا
بِالْحِنَّاءِ, فَإِنَّهُ خِضَابٌ قُلْتُ: بِأَيِّ شَيْءٍ أَمْتَشِطُ? قَالَ:
بِالسِّدْرِ ) رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ, وَالنَّسَائِيُّ, وَإِسْنَادُهُ
حَسَنٌ
|
|
Hadits No.
1143
|
||
Dari Ummu
Salamah Radliyallaahu ‘anhu bahwa seorang perempuan bertanya: Wahai
Rasulullah, anak perempuanku telah ditinggal mati suaminya, dan matanya telah
benat-benar sakit. Bolehkah kami memberinya celak?. Beliau bersabda: “Tidak.”
Muttafaq Alaihi.
|
وَعَنْهَا;
( أَنَّ اِمْرَأَةً قَالَتْ: يَا رَسُولَ اَللَّهِ! إِنَّ اِبْنَتِي مَاتَ
عَنْهَا زَوْجُهَا, وَقَدْ اِشْتَكَتْ عَيْنَهَا, أَفَنَكْحُلُهَا? قَالَ: لَا
) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
|
|
Hadits No.
1144
|
||
Jabir
Radliyallaahu ‘anhu berkata: Saudara perempuan ibuku telah cerai dan ia ingin
memotong pohon kurmanya, namun ada seseorang melarangnya keluar rumah. Lalu
ia menemui Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam dan beliau bersabda: “Boleh,
potonglah kurmamu, sebab engkau mungkin bisa bersedekah atau berbuat kebaikan
(dengan kurma itu). Riwayat Muslim.
|
وَعَنْ
جَابِرٍ رضي الله عنه قَالَ: ( طُلِّقَتْ خَالَتِي, فَأَرَادَتْ أَنْ تَجُدَّ
نَخْلَهَا فَزَجَرَهَا رَجُلٌ أَنْ تَخْرُجَ, فَأَتَتْ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه
وسلم فَقَالَ: بَلْ جُدِّي نَخْلَكِ, فَإِنَّكَ عَسَى أَنْ تَصَدَّقِي, أَوْ
تَفْعَلِي مَعْرُوفًا ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
|
|
Hadits No.
1145
|
||
Dari
Furai’ah Binti Malik bahwa suaminya keluar untuk mencari budak-budak
miliknya, lalu mereka membunuhnya. Kemudian aku meminta kepada Rasululah
Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam agar aku boleh pulang ke keluargaku, sebab
suamiku tidak meninggalkan rumah miliknya dan nafkah untukku. Beliau
bersabda: “Ya.” Ketika aku sedang berada di dalam kamar, beliau memanggilku
dan bersabda: “Tinggallah di rumahku hingga masa iddah.” Ia berkata: Aku
beriddah di dalam rumah selama empat bulan sepuluh hari. Ia berkata: Setelah
itu Utsman juga menetapkan seperti itu. Riwayat Ahmad dan Imam Empat. Hadits
shahih menurut Tirmidzi, Duhaly, Ibnu Hibban, Hakim dan lain-lain.
|
وَعَنْ
فُرَيْعَةَ بِنْتِ مَالِكٍ; ( أَنَّ زَوْجَهَا خَرَجَ فِي طَلَبِ أَعْبُدٍ لَهُ
فَقَتَلُوهُ. قَالَتْ: فَسَأَلْتُ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم أَنْ أَرْجِعَ
إِلَى أَهْلِي; فَإِنَّ زَوْجِي لَمْ يَتْرُكْ لِي مَسْكَنًا يَمْلِكُهُ وَلَا
نَفَقَةً, فَقَالَ: نَعَمْ فَلَمَّا كُنْتُ فِي اَلْحُجْرَةِ نَادَانِي,
فَقَالَ: اُمْكُثِي فِي بَيْتِكَ حَتَّى يَبْلُغَ اَلْكِتَابُ أَجَلَهُ
قَالَتْ: فَاعْتَدَدْتُ فِيهِ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ وَعَشْرًا, قَالَتْ: فَقَضَى
بِهِ بَعْدَ ذَلِكَ عُثْمَانُ ) أَخْرَجَهُ أَحْمَدُ, وَالْأَرْبَعَةُ,
وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ, والذُّهْلِيُّ, وَابْنُ حِبَّانَ, وَالْحَاكِمُ
وَغَيْرُهُمْ
|
|
Hadits No.
1146
|
||
Fathimah
Binti Qais berkata: Aku berkata: Wahai Rasulullah, suamiku telah mentalakku
dengan tiga talak, aku takut ada orang mendatangiku. Mak beliau menyuruhnya
pindah dan ia kemudian pindah. Riwayat Muslim.
|
وَعَنْ
فَاطِمَةَ بِنْتِ قَيْسٍ قَالَتْ: ( يَا رَسُولَ اَللَّهِ! إِنَّ زَوْجِي
طَلَّقَنِي ثَلَاثًا, وَأَخَافُ أَنْ يُقْتَحَمَ عَلَيَّ, قَالَ: فَأَمَرَهَا,
فَتَحَوَّلَتْ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
|
|
Hadits No.
1147
|
||
Amar Ibnul
al-’Ash Radliyallaahu ‘anhu berkata: Janganlah engkau campur-baurkan sunnah
Nabi pada kita. Masa iddah Ummul Walad (budak perempuan yang memperoleh anak
dari majikannya) jika ditinggal mati suaminya ialah empat bulan sepuluh hari.
Riwayat Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu Majah. Hadits shahih menurut Hakim dan
Daruquthni menilainya munqothi’. ‘Aisyah Radliyallaahu ‘anhu berkata: (Arti)
quru’ itu tidak lain adalah suci. Riwayat Malik dalam suatu kisah dengan
sanad shahih.
|
وَعَنْ
عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ قَالَ: ( لَا تُلْبِسُوا عَلَيْنَا سُنَّةَ نَبِيِّنَا,
عِدَّةُ أُمِّ اَلْوَلَدِ إِذَا تُوُفِّيَ عَنْهَا سَيِّدُهَا أَرْبَعَةَ
أَشْهُرٍ وَعَشْرًا ) رَوَاهُ أَحْمَدُ, وَأَبُو دَاوُدَ, وَابْنُ مَاجَهْ,
وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِمُ, وَأَعَلَّهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ بِالِانْقِطَاعِ.
وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( إِنَّمَا اَلْأَقْرَاءُ;
اَلْأَطْهَارُ ) أَخْرَجَهُ مَالِكٌ فِي قِصَّةٍ بِسَنَدٍ صَحِيحٍ
|
|
Hadits No.
1148
|
||
Ibnu Umar
Radliyallaahu ‘anhu berkata: Talak budak perempuan ialah dua kali dan masa
iddahnya dua kali haid. Riwayat Daruquthni dengan marfu’ dan iapun menilainya
dha’if.
|
وَعَنِ
اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: ( طَلَاقُ اَلْأَمَةِ تَطْلِيقَتَانِ,
وَعِدَّتُهَا حَيْضَتَانِ ) رَوَاهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ وَأَخْرَجَهُ
مَرْفُوعًا وَضَعَّفَهُ
|
|
Hadits No.
1149
|
||
Abu Dawud,
Tirmidzi, dan Ibnu Majah juga meriwayatkan dari hadits ‘Aisyah Radliyallaahu
‘anhu dan dinilainya shahih oleh Hakim. Namun para ahli hadits menentangnya
dan mereka sepakat bahwa ia hadits dha’if.
|
وَأَخْرَجَهُ
أَبُو دَاوُدَ, وَاَلتِّرْمِذِيُّ, وَابْنُ مَاجَهْ: مِنْ حَدِيثِ عَائِشَةَ,
وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِمُ, وَخَالَفُوهُ, فَاتَّفَقُوا عَلَى ضَعْفِهِ
|
|
Hadits No.
1150
|
||
Dari
Ruwaifi’ Ibnu Tsabit Radliyallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa
Sallam bersabda: “Tidak halal bagi seseorang yang beriman kepada Allah dan
hari akhir menyiramkan airnya pada tanaman orang lain.” Riwayat Abu Dawud dan
Tirmidzi. Hadits shahih menurut Ibnu Hibban dan hasan menurut al-Bazzar. Dari
Umar Radliyallaahu ‘anhu tentang seorang istri yang ditinggal suaminya tanpa
berita: Ia menunggu empat tahun dan menghitung iddahnya empat bulan sepuluh
hari. Riwayat Malik dan Syafi’i.
|
وَعَنْ
رُوَيْفِعِ بْنِ ثَابِتٍ رضي الله عنه عَنْ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم
قَالَ: ( لَا يَحِلُّ لِامْرِئٍ يُؤْمِنُ بِاَللَّهِ وَالْيَوْمِ اَلْآخِرِ أَنْ
يَسْقِيَ مَاءَهُ زَرْعَ غَيْرِهِ ) أَخْرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ,
وَاَلتِّرْمِذِيُّ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ حِبَّانَ, وَحَسَّنَهُ اَلْبَزَّارُ.
وَعَنْ عُمَرَ رضي الله عنه – ( فِي اِمْرَأَةِ اَلْمَفْقُودِ- تَرَبَّصُ
أَرْبَعَ سِنِينَ, ثُمَّ تَعْتَدُّ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ وَعَشْرًا ) أَخْرَجَهُ
مَالِكٌ, وَالشَّافِعِيُّ
|
|
Hadits No.
1151
|
||
Dari
al-Mughirah Ibnu Syu’bah bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam
bersabda: “Istri yang ditinggal suaminya tanpa berita tetap menjadi istrinya
(suami yang pergi itu) hingga datang kepadanya berita.” Dikeluarkan
Daruquthni dengan sanad lemah.
|
وَعَنْ
اَلْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى
الله عليه وسلم ( اِمْرَأَةُ اَلْمَفْقُودِ اِمْرَأَتُهُ حَتَّى يَأْتِيَهَا
اَلْبَيَانُ ) أَخْرَجَهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ بِإِسْنَادٍ ضَعِيفٍ
|
|
Hadits No.
1152
|
||
Dari Jabir
Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:
Janganlah sekali-kai seorang laki-laki bermalam di rumah seorang perempuan
kecuali ia kawin atau sebagai mahram.” Riwayat Muslim.
|
وَعَنْ
جَابِرٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( لَا
يَبِيتَنَّ رَجُلٌ عِنْدَ اِمْرَأَةٍ, إِلَّا أَنْ يَكُونَ نَاكِحًا, أَوْ ذَا
مَحْرَمٍ ) أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ
|
|
Hadits No.
1153
|
||
Dari Ibnu
Abbas Radliyallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:
“Jangan sekali-kali seorang laki-laki menyepi bersama seorang perempuan
kecuali bersama mahramnya.” Riwayat Bukhari.
|
وَعَنِ
اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا, عَنْ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه
وسلم قَالَ: ( لَا يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِاِمْرَأَةٍ, إِلَّا مَعَ ذِي مَحْرَمٍ
) أَخْرَجَهُ اَلْبُخَارِيُّ
|
|
Hadits No.
1154
|
||
Dari Abu
Said Radliyallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda
tentang tawanan wanita Authas: “Tidak boleh bercampur dengan wanita yang
hamil hingga ia melahirkan dan wanita yang tidak hamil hingga datang haidnya
sekali.” Riwayat Abu Dawud. Hadits shahih menurut Hakim.
|
وَعَنْ
أَبِي سَعِيدٍ رضي الله عنه أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ فِي
سَبَايَا أَوْطَاسٍ: ( لَا تُوطَأُ حَامِلٌ حَتَّى تَضَعَ, وَلَا غَيْرُ ذَاتِ
حَمْلٍ حَتَّى تَحِيضَ حَيْضَةً ) أَخْرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ, وَصَحَّحَهُ
اَلْحَاكِمُ
|
|
Hadits No.
1155
|
||
Ada hadits
saksi riwayat Daruquthni dari Ibnu Abbas Radliyallaahu ‘anhu
|
وَلَهُ
شَاهِدٌ: عَنْ اِبْنِ عَبَّاسٍ فِي اَلدَّارَقُطْنِيِّ
|
|
Hadits No.
1156
|
||
Dari Abu
Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam
bersabda: “Anak itu milik tempat tidur (suami) dan bagi yang berzina
dirajam.” Muttafaq Alaihi dari haditsnya.
|
وَعَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه عَنْ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: (
اَلْوَلَدُ لِلْفِرَاشِ, وَلِلْعَاهِرِ اَلْحَجَرُ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
مِنْ حَدِيثِهِ
|
|
Hadits No.
1157, 1158, 1159
|
||
Dan dari
hadits ‘Aisyah tentang suatu kisah dari Ibnu Mas’ud dalam riwayat Nasa’i dan
dari Utsman pada riwayat Abu Dawud.
|
وَمِنْ حَدِيثِ
عَائِشَةَ فِي قِصَّة وَعَنْ اِبْنِ مَسْعُودٍ, عِنْدَ النَّسَائِيِّ وَعَنْ
عُثْمَانَ عِنْدَ أَبِي دَاوُدَ
|
Rabu, 19 Desember 2012
IDDAH DAN IHDAD بَابُ اَلْعِدَّةِ وَالْإِحْدَادِ
Label:
Hadits;
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar
Silakan anda komentar blog ini dan budayakan memberikan pendapat
terima kasih